Home Budaya HADIRI GEBYAR RAMADHAN 2-9 JUNI 2018 @ JAKARTA ISLAMIC CENTRE

HADIRI GEBYAR RAMADHAN 2-9 JUNI 2018 @ JAKARTA ISLAMIC CENTRE

SHARE

PRESS RELEASE GEBYAR RAMADHAN 2018
 
Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Sang Melati yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota DKI Jakarta, Ormas Betawi B@nkIT, PT. Socentix, IPSTI (Ikatan Pencak Silat Tradisional Indonesia, dan beberapa rekanan lainnya, menyelenggarakan Gebyar Ramadhan 2018, yang diselenggarakan pada tanggal 2 – 9 Juni 2018, bertempat di Gedug Convention Hall Jakarta Islamic Centre, Jakarta. Utara.
Acara yang dikomandani oleh Ibu Sylviana Murni ini akan menampilkan banyak acara religius, seni, budaya, sosial, dan ekonomi. Acara-acaranya meliputi: Perkemahan Ramadhan, Santunan bagi 1000 anak yatim, Lomba Muslim Fashion Show Kids & Remaja, Lomba Hafalan Surat Pendek, Lomba Fotografi, Pameran Foto, FGD “Betawi Innovation Fest 5.0, Sosialisasi Asian Para Games, Bazaar., dll. Gebyar Ramadhan 2018 dibuka dibuka oleh Walikota Jakarta Utara dan akan ditutup oleh Gubernur DKI Jakarta, serta dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta. Acara Gebyar Ramadhan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya Betawi. Untuk itulah Panitia penyelenggara menggandeng Betawi B@nkIT untuk menyelenggarakan Betawi 5.0 Expo yang merupakan bagian dari Betawi Innovation Fest 5.0. Betawi Innovation Fest 5.0 merupakan gabungan antara industri 4.0 dengan budaya Betawi, yang memunculkan Smart to Wiser City. Selain menyelenggarakan Betawi 5.0 Expo, Betawi B@ankIT juga menyelenggarakan Mushaf Betawi, Atraksi Jawara Betawi, Atraksi Tanjidor dan Ondel-Ondel, Lomba Palang Pintu, Lomba Marawis, dan FGD (Focus Group Discussion) “Betawi Innovation Fest 5.0. Untuk semakin mempopulerkan Budaya Betawi, Betawi B@nkIT juga bekerjasama dengan Jawara TV dan media online maupun offline. Betawi B@nkIT sendiri merupakan ormas Betawi yang aktif di bidang seni, budaya, ekonomi, dan teknologi yang digawangi oleh David Darmawan. Ormas ini mempunyai kepedulian besar terhadap kondisi seni budaya, masyarakat, dan UMKM Betawi.
David Darmawan sendiri merupakan salah satu penyelenggara Festival Keriaan Betawi Jatinegara (https://www.youtube.com/watch?v=kGMc57CG2w4) , serta penggagas dan
penyelenggara Festival Betawi Muda Bangkit 2017 (https://www.youtube.com/watch?v=S0bwGAcDMpw). Betawi BangkIT sendiri PressRelease/GebyarRamadhan2018/IH telah menyelenggarakan beberapa acara, yaitu: Festival Betawi B@nkIT yang diselenggarakan pada 26 – 28 Januari di Hotel Grand Cempaka, Jakarta; Pesta Kreasi yang merupakan kerjasama dengan Universitas Bhayangkara Jakarta Jaya (https://www.youtube.com/watch?v=ILFHN50R6iY); serta Bekasi-Betawi Disruptive Festival pada tanggal 23 – 25 Februari 2018 di Gedung Juang 45 Bekasi (https://www.youtube.com/watch?v=nchUcA_cWu8); dan yang terakhir adalah Betawi Innovation Fest yang sekaligus merupakan peluncuran Menara Betawi di Daan Mogot, Jakarta Barat. Pendirian Menara Betawi sebagai salah satu menara di Apartemen Point8 ini menunjukkan kepedulian David Darmawan terhadap Budaya Betawi. Bangunan yang akan berarsitektur gaya Betawi ini terdiri dari pusat perkantoran dan apartemen hunian. Menara Betawi ini merupakan bangunan perkantoran dan apartemen pertama di Indonesia yang bergaya Betawi.
 
David Darmawan juga dikenal sebagai praktisi green fund dengan perusahaannya, PT. Socentix. Dikenal juga sebagai Jawara Hijau, David banyak menggagas eco-friendly activities. Dalam bidang teknologi, Betawi BankIT melalui website
acceleratornya betawibangkit.net menciptakan incubator Startup Betawi yang berorientasi e-commerce dan Fintech (financial technology) yangdigunakan untuk menjawab kebutuhan sosial, budaya, dan ekonomi warga Jakarta. Startup Betawi ini akan dipresentasikan dalam Horasis Asia Meeting, di Ho Chi Minh Region, Vietnam, 25-26 November 2018. Horasis Asia Meeting ini merupakan World Economic Forum for emerging market (New York Times). Horasis sendiri menyediakan platform bagi perusahaan yang sedang dan telah berkembang untuk membawa produknya ke level global.
Beberapa acara menarik dari Acara Gebyar Ramadhan 2018 ini adalah diselenggarakannya Festival Palang Pintu, yang merupakan kesenian beralas pantun ala Betawi. Festival Palang Pintu yang diprakarsai oleh Kodam Jaya akan memperebutkan Piala Begilir dari Pangdam Jaya. Selain itu akan diselenggarakan Acara Buka Bersama 5000 orang. Dan yang tak boleh dilewatkan oleh masyarakant DKI Jakarta dan sekitarnya adalah Panitia membuka Bazaar bagi 100 UMKM. Bazaar ini juga akan menjual sembako murah yang tentunya akan sangat membantu masyarakat dalam menyiapkan Idul Fitri. Panitia berharap masyarakat Jakarta dan sekitarnya berbondong-bondong untuk membanjiri bazar tersebut dan berpartisipasi dalam semua kegiatan dan lomba yang diselenggarakan.