Tidak Terbukti Menikmati Uang Korupsi , Karen Dibebaskan Dari Tuntutan Uang Penggant

 

Jakarta – Pada persidangan eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) membebaskan Karen dari tuntutan uang pengganti. Karen dinyatakan hakim tidak terbukti menikmati uang terkait tindak pidana korupsi dalam investasi Pertamina.

“Dalam persidangan tidak ada bukti yang menerangkan terdakwa menerima uang. Pada terdakwa tidak terdapat alasan untuk dijatuhi hukuman tambahan berupa bayar uang pengganti dalam perkara yang dihadapi,” ungkap hakim M Idris membacakan amar putusan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Bahkan salah seorang hakim anggota Anwar menyatakan pendapat berbeda (dissenting opinion) dalam putusan tersebut. Hakim Anwar menyatakan Karen tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

“Karen Agustiawan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi berdasarkan dakwaan primer dan subsdier,” tegas Anwar .

Pada persidangan sebelumnya, Karen dituntut jaksa membayar uang pengganti. Selain itu juga Karen dituntut membayar uang pengganti Rp 284 miliar karena dinilai jaksa ikut merugikan keuangan negara.

“Membayar uang pengganti Rp 284 miliar, apabila tidak membayar uang pengganti maka harta benda disita oleh jaksa untuk dilelang, apabila harta tidak mencukupi maka dikenakan pidana tambahan selama 5 tahun,” kata jaksa saat membacakan surat tuntutan, Jumat (24/5) lalu.