Rumah123.com Kembali Gunakan Teknologi Baru untuk Menentukan Pelaku lndustri Properti Terbaik di Indonesia

Jakarta — Konsumen properti Indonesia dihadapkan dengan pilihan hunian dengan harga dan tipe beragam. Masyarakat Indonesia terutama kaum milenial saat ini dianggap memiliki “buying power“ terbesar masih sangat awam untuk memilih properti yang cocok bagi mereka. Begitu juga untuk pencarian agen properti, saat ini dapat dipastikan masyarakat Indonesia hanya mengetahui informasi mengenai hal ini dari mulut ke mulut saja.

Hal inilah yang mendorong Rumah123.com sebagai situs properti terbesar di Indonesia kembali menggelar Real Estate Awards 2019, sebuah malam penganugerahan bagi para pelaku industri properti seperti developer, bank, dan agen properti di Indonesia, yang berlangsung pada Rabu, 10 April 2019, di Westin Hotel, Jakarta.

“Kami akan selalu memastikan penilaian yang objektif dan kredible untuk semua pemenang di Real Estate Awards, oleh karena itu selain penjurian dari panelis dengan menggunakan Eye tracking tahun ini kami pun juga menggunakan EEG sebagai tambahan,” ujar Fanny Meilana, GM Marketing Rumah123.com.

Rumah123.com bekerja sama dengan panelis yang terdiri dari selebriti dan property expert, seperti Mande Austriono K (Arsitek/founder dform.co), Lukas Bong (Ketua Umum AREBI), Soleh Solihun, Kikan dan Candil. Untuk menjaga kredibilitas award ini dan menghilangkan bias dalam penilaian panelis, seperti tahun sebelumnya tim Rumah123 menggunakan teknologi biometric Eye Tracker. Teknologi eye-tracking dapat menghasilkan insight dan perspektif baru mengenai perilaku konsumen yang tidak dapat diberikan oleh berbagai metode riset konvensional lain seperti survei, interview, bahkan FGD.

EEG (Elektroensefalogram) adalah alat yang mampu merekam aktifitas yang terjadi di otak manusia, seperti halnya Eye Tracker yang merekam aktifitas mata ketika dipaparkan stimulus atau materi penilaian. Kombinasi kedua biometric tools ini dalam penilaian adalah yang pertama dan satu satunya untuk industri property di Indonesia.
lndikator-indikator yang digunakan dalam penilaian ini adalah Project Awareness, Interest, Quality Perception, Price Perception, dan Favorabi/ity. Skor tertinggi dari indikator-indikator inilah yang menjadi pemenang Real Estate Award 2019.

Khusus untuk pemilihan agen properti, Rumah123.com menggunakan metode khusus yaitu mistery call untuk menentukan agen properti mana yang selalu melakukan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Maria Herawati Manik, selaku Country GM Rumah123 mengatakan “Para Pemenang Real Estate Awards 2019 ini merupakan yang terbaik di industri properti tahun ini, diharapkan dapat membantu konsumen dalam pencarian properti idaman dan Rumah123 akan selalu hadir untuk memberikan solusi melalui teknologi terdepan untuk semua pelaku industri”.