Indo Barometer; Lima Indikator Kemenangan Jokowi – Amin di PILPRES 2019

 

Jakarta — Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil surveynya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2019 .

Hasilnya pasangan Jokowi – Ma’ruf menangkan di lima indikator  tercatat melalui survei;

1. Mayoritas publik Indonesia puas atas kinerja Jokowi sebagai calon petahana

2. Penilaian kualitasvpersonal Jokowi lebih baik dari pada Prabowo

3. Tiga kartu baru Jokowi sangat diaukai masyarakat

4. Mayoritas pemilih menganggap Jokowi lebih mewakili aspirasi umat islam dibanding Prabowo termaauk kalangan santri

5. Keunggulan Jokowi merata diberbagai segmen penting pemilih seperti jenis kelamin, desa kota, pulau, agama, usia, pendidikan dan lainnya.

“Kita survei di 34 provinsi dengan responden 1200, standar margin of error lebih kurang 2,8 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. Metode sampling ini standar digunakan oleh banyak lembaga survei yaitu multistage random sampling,” Kata Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (02/04/2019).

“Kemudian teknik data digunakan adalah wawancara dengan tatap muka dengan responden secara langsung jadi bukan telpon dan sebagainya juga seperti biasa tidak jauh dengan sampel yang digunakan oleh BPS jadi tidak akan keliru,” ujarnya.

Indo Barometer, hari ini terhitung seandainya pemilu dilaksanakan pada saat survei ini berlangsung maka Jokowi akan menang dengan angka 50,8 persen kemudian Prabowo 32 persen tidak menandai ada di angka 17 persen.

Ia menambahkan, melihat dari elektabilitas Jokowi 50,8 persen hasil lebih stabil, kemudian 8,9 persen untuk Prabowo naik menjadi 32 persen dan tidak memutuskan 20,9 persen dengan 17,2 persen dengan sisa waktu tinggal 2 minggu lagi.