Bagi 5000 Sertifikat Di Bogor Nirwana Recidence, Jokowi Ingatkan Warga Yang Akan Gadaikan Tanahnya

Journaljakarta.co.id, Bogor – Joko Widodo (Jokowi) membagikan 5.000 sertifikat tanah untuk masyarakat Bogor di Bogor Nirwana Residence (BNR), Kamis (22/3/2019). Dihadapan para penerima sertifikat, Jokowi menegaskan bahwa kegiatan bagi-bagi sertifikat tanah secara langsung kepada masyarakat bertujuan untuk memastikan bahwa semua warga benar-benar menerima sertifikat.

“Saya ingin memastikan yang hadir 5.000 dapat sertifikat semuanya, jangan sampai ada yang tidak dapat,” kata Jokowi.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah sedang giat mempercepat pembagian sertifikat tanah kepada masyarakat untuk menghindari terjadinya sengketa lahan.

“Kenapa sertifikat dipercepat diberikan kepada masyarakat, setiap saya ke kampung desa dan daerah manapun semua mengeluhkan sengketa tanah, sengketa lahan, konflik lahan, konflik tanah ada dimana-mana, itu terjadi karena masyarakat tidak pegang tanda bukti hak hukum atas tanah yaitu sertifikat,” terang Jokowi.

Dia mengatakan jika masyarakat telah memegang sertifikat maka konflik akan terhindar karena adanya bukti kepemilikan tanah.

Selain itu Jokowi meminta masyarakat yang telah memiliki sertifikat untuk menjaganya dengan baik. Dia juga mengingatkan agar masyarakat tak asal menggunakan sertifikat untuk mendapatkan pinjaman uang.

“Biasanya kalau sudah ada sertifikat dipakai buat agunan silahkan, tapi saya titip hati-hati minjam ke bank dihitung dikalkulasi jangan tergesa, dihitung semuanya, bisa ngangsur gak tiap bulan kalau bisa silahkan. Gunakan untuk modal usaha modal investasi jangan kemana-mana,” ujar Jokowi.