IAPMO Group Indonesia Siapkan SDM Plumber Bersertifikasi

Jakarta — International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO),  merupakan organisasi yang menyediakan beragam jasa untuk semua kebutuhan kesesuaian terhadap standar produk plambing dan mekanik, pendidikan dan pengembangan standar. Hadir dalam ajang Indo Build Tech 2018 pada tanggal 20 – 24 Maret 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jakarta.

“Kami hadir untuk membantu pemerintah Indonesia memberikan pengetahuan dan teknologi tentang sistem plambing yang benar,” ungkap Shirley Dewi, Senior Vice President IAPMO Group Indonesia saat ditemui awak media di Jakarta, Rabu (20/03/2019) sore.

Ia menambahkan pentingnya standarisasi plambing karena sering terlihat terjadi seperti, kebocoran, kontaminasi air bahkan banyak sekali yang tidak mengetahui cara pemasangan yang baik dalam aspek teknis dari industri plambing. “Jadi kami ada service untuk pengujian produk plambing dan bahan bangunan, serta sertifikasi produk dalam melakukan inspeksi tentang plambing untuk gedung, restoran, dan sekaligus kami juga melakukan edukasi,” kata Shirley Dewi.

IAPMO Group Indonesia selama ini telah bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang telah mengeluarkan SNI 8153:2015 dan juga bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk inspeksi aspek kesehatan, bangunan rumah dan gedung mengenai sertifikasi layak fungsi bangunan.

“Paling terbaru, kami merencanakan (edukasi) beberapa perguruan tinggi untuk men-training calon calon plumber yang bersertifikasi. Dengan adanya inilah kita meningkatkan SDM Indonesia sampai level internasional,” ujar Shirley Dewi.

“Kami juga ada beberapa perkumpulan Asosiasi Plambing, APPIN, dimana industri plambing juga berkecimpung disana dan juga bekerjasama dengan Green Product Council Indonesia (GPC Indonesia) untuk memperkenalkan produk produk plambing dan memperkenalkan bahan bangunan yang lebih hijau,” jelas Shirley Dewi.

Untuk mensosialisaikan pengetahuan mengenai metode sanitasi terbaru serta mendorong kesejahteraan dan menciptakan hubungan yang harmonis keselarasan antara pemilik, pembangun, dan tenaga ahli pada masyarakat Indonesia secara langsung selama ini IAPMO melalui yayasan telah melakukan program CSR seperti, membangun toilet yang hygiene sanitasi untuk masyarakat Indonesia.

“Jadi kami sudah menyelesaikan proyek di desa Cicau Cikarang, telah membangun 8 toilet untuk Sekolah Dasar (SD) 02 yang sudah terselesaikan tahun 2018,” ujar Shirley Dewi.

Dan untuk program CSR selanjutnya berdasarkan kesepakatan dari pihak pemerintah wilayah Makasar akan menjadi proyek selanjutnya. “Kami berharap kedepannya ini menjadi pilot project level nasional. Walaupun sementara di mulai dari satu titik yang nantinya akan berlanjut di seluruh Indonesia,” pungkas Shirley.

Untuk informasi lebih detail kunjungi website resminya di www.iapmoindonesia.org