Kongres Pertama Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI), Upaya Memperbaiki Profesi Pilot Secara Utuh

Jakarta– Perhimpunan Profesi Pilot
Indonesia (PPPI) menggelar kongres pertama sekaligus deklarasi yang diselenggarakan di Hotel Sultan, hari ini Kamis (10/01) Pagi.

Kongres tersebut dihadiri puluhan anggota PPPI dimana perhimpunan ini mengarah pada perjuangan profesi pilot.

“Karena memang selama ini banyak hal- hal yang belum diatur mengenai profesi pilot didalam undang undang secara utuh,” kata Kapten Heri Martanto Ketua Formatur PPPI saat ditemui awak media di Jakarta.

“Profesi pilot membutuhkan legitimasi yang harus di dapatkan, tapi sampai saat ini belum ada yang mempertahankan sampai sana,” ujar Heri Martanto.

Beliau menambahkan kenapa kita harus memperjuangkan mengenai pengakuan profesi pilot?, karena menyangkut undang undang, yang dimaksud termasuk UU ketenagakerjaan.

“Sedangkan untuk bisa masuk ke dalam undang undang ketenagakerjaan kita harus memiliki perundangan yang memang menyangkut kepada kepilotan, dimana untuk hal ini kita harus memiliki  kesetaraan dalam pengakuan profesi, apabila pengakuan profesi sudah di dapatkan maka barulah bisa masuk ke undang undang ini,” ungkap
Heri Martanto.

Adapun salah satu agenda pembahasan dalam kongres tersebut juga mengenai tingginya jumlah lulusan pilot yang menganggur yang saat ini mencapai lebih kurang 1400 (pilot), tidak hanya persoalan permintaan pasar tetapi terkait juga dengan lamanya masa pensiun pilot sampai dengan usia 65 tahun.

Dalam hal ini PPPI rencana kedepannya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia, berupaya untuk mengkaryakan pilot pemula agar mengumpulkan jam terbang yang nantinya untuk siap untuk menerbangkan pesawat komersial.

“Kedepannya perlu kita ketahui juga misi organisasi perhimpunan profesi pilot Indoneaia (PPPI), yang profesional dan menjadi milik seluruh pilot Indonesia yang mampu bermitra dengan seluruh stakeholder penerbangan nasional (mencangkup penerbangan baik regulator, operator maupun profesi pilot),” tutur Heri Martanto.

Pada kesempatan yang sama PPPI juga mengadakan deklarasi, berikut inilah isi yang dibacakan:

1. PPPI adalah wadah perjuangan dan aspirasi pilot Indonesia dan wakil dari Indonesia baik di dalam maupun luar negeri serta jadi mitra pemerintah untuk menjadi keselamatan dan keamanan penerbangan .

2. PPPI adalah lembaga dengan platform perjuangan profesi secara kelembagaan dan profesional.

3. PPPI menjamin persatuan dan kesatuan seluruh pilot Indonesia sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku .

4. PPPI senantiasa memberikan perlindungan profesi bagi seluruh pilot Indonesia.

5. PPPI merupakan organisasi yang terbuka dan profesional bagi seluruh pilot Indonesia karena itu PPPI melakukan kegiatan untuk peningkatan kwalitas untuk sumber daya manusia terutama pilot indonesia melakukan kerja sama dengan pihak lain yang berhubungan dengan dunia penerbangan baik tingkat nasional maupun international.

6. PPPI juga akan melakukan hal transformasi kepada pemerintah, lembaga tinggi negara dan masyarakat agar profesi pilot mempunyai peran yang diperhitungkan dalam dunia penerbangan.