Wagub DKI Memperkenalkan Program Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS)

Journaljakarta.com , Jakarta — Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS) Suatu konsep solusi pengentasan kemiskinan berbasis empat komponen intervensi yang intensif lewat dana filantropi perusahaan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiga Uno, ketika menghadiri acara berbuka puasa bersama dengan Bazis DKI di Balai Kota, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Turut hadir Ketua Badan Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (BAZIS) DKI Jakarta Zahrul Wildan, Wakil Ketua BAZIS Bapak Amirudin dan dr Arief Mufti dan para tokoh agama, Alim ulama dan Kepala Bazis se DKI Jakarta, para karyawan DKI Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut, Sandiaga memperkenalkan program Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS) kepada seluruh pemangku kepentingan. Program ini merupakan wujud nyata Pemprov DKI Jakarta dan BAZIS DKI Jakarta dalam melaksanakan komitmen untuk mempercepat terciptanya kesejahteraan umat.

“Demi mendukung pengentasan kemiskinan, seluruh warga Ibu Kota dan pelaku usaha berpartisipasi aktif membayar zakat dan dana amal sosial (filantropi) perusahaan,” ajak sandi

Dana yang terkumpul dari dua saluran itu, diharapkan dapat menjadi solusi mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui pengumpulan dana yang terprogram dan transparan, penyalurannya diharapkan memberi kehidupan masyarakat pra sejahtera kian membaik,” tutur Sandi, sapaan akrabnya.

Kepala BAZIS DKI Jakarta, Zahrul Wildan, mengatakan sampai 31 Mei 2018, dana ZIS dan amal sosial yang terhimpun sudah mencapai sekitar 54 miliar rupiah. Pada tahun 2017, total dana ZIS yang masuk ke BAZIS DKI Jakarta tercatat 192 miliar rupiah, meningkat dibandingkan tahun 2016 sebesar 154 miliar rupiah. Mayoritas pengumpulan berasal dari pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

“Ke depan kami berharap peran pengusaha di DKI Jakarta akan lebih besar dalam meningkatkan perolehan ZIS dan amal sosial di Jakarta. Kami memiliki banyak fasilitas yang memudahkan warga dan pelaku usaha di Jakarta untuk berdonasi”, ucap Zahrul.( Budi)