Gubernur Anies Baswedan :Zakat Bisa Menyelesaikan Ketimpangan  

Journaljakarta.com, Jakarta — Pengelolaan zakat ini penting karena zakat sebagai penyeimbang dan bisa menyelesaikan masalah ketimpangan.

Demikian disampaikan Gubernur Anies dalam acara Peduli Umat yang diadakan BAZIS DKI Jakarta,di Jakarta Convention Center, Jakarta pada Kamis (31/5/2018).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan zakat memiliki peran penting untuk menyelesaikan masalah ketimpangan, terutama yang ada di Jakarta.

Dengan zakat, maka mekanisme distribusi bantuan ekonomi lebih merata, terlebih Bazis Provinsi DKI Jakarta memiliki berbagai program selain penyaluran zakat, seperti bedah rumah, beasiswa dan bantuan usaha.

Untuk menjaga tren positif tersebut, Pemprov DKI Jakarta siap mendorong pencapaian target Bazis Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp300 miliar tahun ini. “Saya berharap target Bazis DKI Rp300 miliar rupiah tercapai. Kami akan bantu mendorong pencapaian itu,” ungkap Gubernur DKI.

Sementara itu, Sandi mengatakan zakat adalah ibadah yang penting. Zakat harus mendapatkan perhatian, selain soal ekonomi dan manajemen perbankan Islam.

“Zakat ini potensinya luar biasa besar. Fungsi dari zakat adalah untuk menyeimbangkan,” pungkasnya.

Dalam acara Peduli Umat yang diadakan BAZIS DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan berzakat sebesar Rp75 juta. Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno memberikan seluruh gaji dan tunjangan untuk disalurkan.( Budi)