Yufi A.M Natakusumah ( Ketua HIMPAUDI DKI Jakarta ) : Peran Orang Tua Sangat Penting Menumbuhkembangkan Minat Baca Pada Anak

Journaljakarta.com , Jakarta –  HIMPAUDI bekerjasama dengan Bunda PAUD Propinsi dan kota/ kabupaten DKI Jakarta , Direktorat BINDIKEL Kemendikbud Republik Indonesia serta Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggelar seminar yang bertemakan ” Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku”, di Mall One Bel Park, Jakarta.(21/4/2018)

Adapun narasumber seminar adalah Ibu Nur Asia Uno yang berhalangan hadir yang diwakili oleh Istri Walikota Jakarta Selatan Hartati Tri Kurniadi dan Prof.Dr.Ir Netti Herawati,M.Si selaku Ketua HIMPAUDI Nasional.

Seminar kali ini melibatkan guru -guru PAUD se-DKI Jakarta yang kurang lebih berjumlah 500orang yang sampai akhir seminar masih tetap semangat mendengarkan arahan dari para narasumber.

GERNAS BAKU merupakan program Pemerintah Pusat untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat. Hal yang mendorong pemerintah membuat gebrakan ini adalah hasil survei BPS Tahun 2015, yaitu 91,47% anak usia sekolah lebih suka menonton televisi, sedangkan mereka yang suka membaca 13,11% saja. Fakta ini sungguh disayangkan. Orang tua harus ikut andil dalam kondisi ini. Kontribusi orang tua membacakan buku dinilai menjadi kebutuhan dalam pengasuhan, yang dipercaya dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa anak sejak dini.

Ketua HIMPAUDI DKI Jakarta Yufi A.M Natakusumah mengatakan bahwa Anak-anak mulai sekarang dirangsang untuk gemar membaca buku dan sudah saatnya peran orang tua untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk membacakan buku kepada anaknya.

” Intinya mengembalikan kebiasaan baik yang orang tua dulu suka membacakan buku pada anaknya dan menumbuhkan semangat orang tua membacakan buku,” tambahnya

Yufi berharap agar semua orang tua se- Indonesia ikut andil dalam gerakan Nasional membacakan buku pada anak-anaknya dan kontribusi orang tua membacakan buku menjadi sebuah kebutuhan dalam pengasuhan.(Budi Murdani)